Rabu, 11 Maret 2015

Antropometri Anak Ukuran Lingkar Kepala



PETUMBUHAN NORMAL UKURAN LINGKAR KEPALA BAYI

     Dengan mengukur dan memantau pertumbuhan ukuran lingkar kepala bayi, kelainan-kelainan yang mungkin saja terjadi pada otak akan segera bisa dideteksi, seperti mikrosefali yaitu ukuran lingkar kepala lebih kecil dari ukuran lingkar kepala normal atau makrosefali ukuran lingkar kepala lebih besar daripada ukuran lingkar kepala normalnya. Biasanya kelainan mikrosefali dan makrosefali dibawa sejak lahir. Namun ada juga kasus-kasus mikrosefali atau makrosefali yang familial atau normal. Nah, yang normal ini biasanya orang tua si bayi juga memiliki lingkar kepala demikian. Misal, bayi dengan kelainan makrosefali, ternyata orang tuanya juga makrosefali.
Lingkar Kepala
     Sewaktu bayi baru lahir biasa langsung diukur lingkar kepalanya, kemudian akan berlanjut terus pengukuran lingkar kepala secara rutin setiap 1 atau 2 bulan sekali, sampai usia 3 tahun. Pertambahan ukuran lingkar kepala normal pada bayi cukup bulan adalah 2 cm per bulan selama 3 bulan pertama. Selanjutnya pertambahannya akan melambat. Cara mengukur lingkar kepala bayi adalah dengan menggunakan meteran kain, dilingkarkan pada bagian kepala yang paling besar. Lingkar kepala bayi baru lahir rata-rata adalah 35 cm . Untuk bayi perempuan umumnya antara 31-38 cm, bayi laki-laki 32-36 cm.
        Hasil pengukuran akan dituangkan didalam kurva pertumbuhan lingkar kepala anak. Pengukuran lingkar kepala ini penting diperhatikan karena ketidaknormalan bisa terjadi . Mengenai hasil pengukurannya adalah sebagai berikut:
1. Lebih besar 2 SD (standar deviasi) dari angka rata-rata. Kondisi ini biasanya mengambarkan otak yang besar (makrosevali). Penyebabnya antara lain hidrisevalus ( kelainan akibat peningkatan jumlah cairan otak), atau megalensevali akibat perkembangan jaringan otak meningkat.
2. Lebih kecil 2 SD (standar deviasi) dari angka rata-rata. Biasanya menggambarkan otak yang kecil (mikrosefali). Penyebabnya antara lain infeksi ketika hamil, kekurangan oksigen (hipoksia), kelainan bawaan, penyakit degenerative atau metabolik dan infeksi susunan syaraf pusat.
3. Bertambah sangat cepat dalam waktu singkat. Pola pertumbuhan kepala tidak mengikuti laju pertumbuhan seperti yang terdapat dalam kurva.

       Orangtua dan dokter sebaiknya tak mengabaikan pertumbuhan lingkar kepala anaknya dan kondisi ubun-ubun anak. Setiap kali melakukan pemeriksaan berat dan tinggi badan bayi atau imunisasi, sebaiknya dokter anak atau praktisi kesehatan lain seperti bidan dan kader posyandu agar mengukur lingkar kepala bayi secara rutin untuk mengetahui pertumbuhan otaknya. Selain mengukur lingkar kepala, memeriksa ubun-ubun anak sangat perlu dilakukan guna mengetahui perkembangan otak anak. Tumbuh dan berkembang seorang anak sangat penting dan merupakan investasi terbaik bagi masa depannya. Gangguan pertumbuhan khususnya gangguan pertumbuhan ukuran kepala dan kondisi ubun-ubun anak sangat penting dilakukan sejak usia di bawah 3 tahun.
        Lingkar kepala berkaitan erat dengan volume otak, artinya kalau lingkaran kepala anak anda dalam usia tertentu kurang dari nilai yang normal, kemungkinan volume otaknya kurang dari cukup. Sedangkan berbagai gerakan yang ada merupakan kombinasi dari kemampuan otak dan organ gerak yang bersangkutan. Lingkar kepala menurut umur dapat digunakan untuk menilai status gizi protein-energi pada masa 2 tahun pertama kehidupan. Pada keadaan kurang gizi kronik pada masa awal kehidupan atau terjadinya gangguan perkembangan janin semasa dalam kandungan akan mengakibatkan menurunnya jumlah sel otak dan pada akhirnya akan berpengaruh pada lingkar kepala. Di atas usia 2 tahun, pengukuran lingkar kepala tidak lagi bermanfaat karena perkembangannya sangat lambat. Indikator ini tidaklah terlalu sensitif untuk menilai status gizi, selain itu banyak faktor lain yang mempengaruhinya seperti penyakit, genetik, dan adat tertentu. Ukuran rata-rata lingkar kepala bayi ketika lahir adalah 34-35 cm. Lingkar kepala ini akan bertambah 2 cm per bulan pada usia 0-3 bulan. Selanjutnya di usia 4-6 bulan akan bertambah 1 cm per bulan, dan pada usia 6-12 bulan pertambahannya 0,5 cm per bulan.

Berikut merupakan contoh grafik pengukuran lingkar kepala bayi laki-laki dan perempuan:


Referensi:





1 komentar:

  1. Baccarat - How to Play Online Baccarat
    Online Baccarat is a casino 바카라 사이트 game for baccarat players that's popular among the general public. 카지노사이트 It allows 메리트카지노 you to play as a dealer and then

    BalasHapus